Thursday 2 July 2015

Membuat web aplication dan site collections pada sharepoint 2013

Sharepoint merupakan teknologi berbasis web besutan microsoft yang difokuskan untuk kolaborasi  bisnis suatu organisasi untuk peningkatan produktifitas dan efisiensi pengelolahan resource. komponent yang melekat dan tidak bisa dipisah dari sharepoint adalah web aplication dan site collcetions.

Apa itu web aplikasi sharepoint ..?

Secara sederhana Web aplikasi sharepoint merupakan komponen tertinggi dalam arsitektur logis sharepoint. Dalam web aplikasi sharepoint di dalamnya terdiri dari site collections, list, libraries, dll,  semuanya ada dalam web aplikasi pada sharepoint. Web aplikasi sharepoint juga mempunyai kemampuan untuk me manage content , features dan user dan dll.

Apa itu site collections..?

Site collections merupakan halaman utaman (top-level-site) sharepoint yang bisa di manage oleh administrator untuk melakukan instalasi , konfigurasi dan deployment sharepoint disesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Melalui site collection administrator dapat membuat site (halaman) baru untuk kolaborasi , melakukan kustomisasi interface, menambahkan aset library dan sebagainya.Dan makismal site collection dalam per weblication adalah 250.00 dari setiap site collcetion yang satu dengan yang lain terpisah. Site collections dibawah web aplication seperti gambar dibawah ini.
web aplikasi dan site kolesi pada sharepoint
oke sekarang kita akan masuk point utama kita yaitu bagaimana cara Membuat web aplication dan site collections pada sharepoint 2013.
  1. login ke  sharepoint 2013 central admin.
  2. setelah login lihat pada group Application Management dan klik Manage web applications.
  3. pada bagian ribbon klik Web Aplication dan pilih new seperti gambar dibawah ini.membuat web aplication
  4. setelah klik new akan muncul tampilan seperti berikut ini tapi disini biasanya kita menunggu loding aplikasi berkerja  selesai. setelah muncul biasanya dengan pengaturan  standar yang saya tandai yang lain anda abaikan dan sesuaikan dengan dengan keinginan masing-masing.membuat web aplikasi pada sharepointmembuat web aplikasi pada sharepointmembuat web aplikasi pada sharepointmembuat web aplikasi sharepointmembuat web aplikasi pada sharepointmembuat web aplikasi sharepoint
  5. jika sudah di klik ok tunggu proses sampai selesai dan cepat atau lambat proses create nya tergantung size ram yang digunakan jika ram semakin besar maka proses akan cepeat selesai jika kecil misal 8 giga maka proses agak lambat.jika sudah maka web aplikasi yang sudah dibuat akan nampak didaftar seperti gambar berikut ini.

membuat web aplikasi sharepoint

oke sampai disini kita sudah bisa membuat web aplikasi tapi tunggu dulu supaya web aplikasi bisa jalan maka kita akan membuat site collection. karna postingan ini sudah agak panjang maka membuat site collectionnya kita pisah di tutorial berikutnya. tunggung dipostingan berikutnya disini. -__-





















0 komentar :



:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

:kj: copy kode icon diatas jika menggunakan icon regards multazam :kl:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home